BERKAH DI BULAN RAMADHAN

  • BERKAH DI BULAN RAMADHAN

    BERKAH DI BULAN RAMADHAN

    Di hari itu tepat pada tanggal 1 ramadhan 1438 H saya mendapatkan nikmat yang luar biasa yaitu mendapat panggilan kerja di Sekolah Alam Kendal Auliya. Suatu kebanggaan tersendiri bisa masuk di lembaga pendidikan tersebut yang saya kira tidak mudah untuk masuk didalamnya. Dengan usaha dan kemampuan yang saya punya saya melewati beberapa tes seleksi bersama dengan 20 peserta calon guru baru. Tes seleksi dilaksanakan selama 3 hari dengan materi hari pertama observasi kelas. Hari kedua tes tertulis, tes membaca dan menulis al quran, serta tes bakat. Hari ke tiga outbound, presentasi makalah dan tes wawancara.

                Tibalah saatnya hari pertama tes seleksi, saya berangkat tepat pukul 07.00 dengan perasaan dag dig dug. Yang ada di benak saya............

     “Hari ini suruh ngapain ya” ?

     “Hari ini tesnya apa ya” ?

    “Bisa ngerjain nggak ya” ?

    Wah enggak karuan deh jadinya. Sesampainya di sana saya ketemu dengan teman-teman yang sama-sama akan melaksanakan tes seleksi calon guru baru dan langsung berkenalan. Sebentar ngobrol-ngobrol kami di sapa dan di panggil oleh salah satu ustadzah di sana untuk masuk dan mengikuti arahan dari kepala yayasan mengenai serangkaian tes seleksi calon guru baru. Hari pertama tes seleksi yakni observasi kelas. Kebetulan saya dapat jatah observasi di SD kelas 3, dari pagi sampai siang saya ikuti kegiatan di kelas tersebut. Mulai dari mengaji, makan snack, reguler, dan  sholat. Hari ke dua materi tes tertulis. Sambil menyelesaikan tes tertulisnya kami secara bergantian mengantri untuk tes baca dan menulis Al Qur’an serta tes bakat. Saya mengikuti serangkaian tes ini dengan semangat dan berusaha dengan kemampuan yang saya miliki. Hingga hari terakhir seleksi dengan kegiatan outbound, presentasi makalah dan wawancara. Alhamdulillah serangkaian tes seleksi calon guru baru telas usai, tinggal menunggu pengumuman lolos atau tidak.

    Kurang lebih selang satu minggu setelah tes seleksi, waktu itu tepatnya siang hari di bulan ramadhan hari pertama, saya mendapatkan telepon dari pihak Sekolah Alam Kendal Auliya. Kring...kring...kring terdengar bunyi handphone di atas meja, dengan segera saya mengangkatnya.

    “Hallo Assalamu’alaikum”...

    “wa’alaikummussalam”....

    “Dengan saudari Nafisatul Himmah ? ” iya saya sendiri “jawabku” .

    “Ini kami dari  Sekolah Alam Kendal Auliya “ oh iya, jawabku lagi.

    “Setelah melalui beberapa seleksi, Alhamdulillah anda masuk seleksi kami, anda ketrima menjadi guru baru di Sekolah Alam Kendal Auliya”.

    “Alhamdulillah, terimakasih pak” jawabku lagi. Rasa syukur tak henti-hentinya ku panjatkan kepada sang Khaliq, sang pemberi rizki. Karena saya yakin kalau mau bersungguh-sungguh pasti ada jalan terbaiknya.

    Tiba saatnya awal masuk sekolah, segala sesuatu saya siapkan semaksimal saya untuk menghadapi hari pertama masuk sekolah. Untuk awal waktu , saya adalah guru pendamping di TK Besar. Kelas itu diiberi nama “Gembili”. Hari demi hari saya jalani dengan suka cita. Setiap hari saya bertemu dengan anak-anak hebat, anak-anak sholih-sholihah, anak-anak yang selalu membuat saya tersenyum, tertawa melihat polah tingkah mereka yang lucu dan menggemaskan. Setiap hari ada aja kejutan dari mereka yang membuat kami terkagum-kagum dengan tingkah mereka.

    Semua kegiatan dan program kerja di sini saya jalani dengan enjoy, dan saya berusaha memberikan yang terbaik untuk sekolah serta anak-anak semua. Walaupun masih ada beberapa kendala yang saya hadapi mulai dari mengurus anak, masalah administrasi sekolah, kerajinan tangan, membuat display kelas, sampai menghadapi wali murid yang bermacam-macam karakter dan sifatnya. Namun, semua itu harus saya hadapi dengan senang, sabar dan tabah.  karena memang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab saya untuk berkontribusi demi kemajuan dan pengalaman saya di dunia pendidikan. Semoga saya mampu mengemban amanah ini, dan bermanfaat untuk semua orang, khususnya bermanfaat untuk Sekolah Alam Kendal Auliya tercinta ini.

    Kurang lebih Satu semester saya lalui di Sekolah Alam Kendal Auliya ini, saya merasa bangga dan kagum dengan anak-anak serta Ustadz-Ustadzah. Disini anak-anak di ajarkan tentang pendidikan karakter yang sejatinya sangat penting bagi kehidupan di zaman sekarang ini. Disini bagaikan kehidupan yang sesunggunya, bukan lagi mengenai sekolah yang hanya duduk termenung mendengarkan ceramah guru, mencatat, di beri PR lalu pulang, keesokan harinya berangkat lagi, duduk lagi, mendengar ceramah guru lagi, PR lagi. Sungguh kegiatan yang monoton yang bikin anak-anak bosan dan malas untuk berangkat sekolah. Lain daripada disini, disini semua telah di ajarkan mulai dari  mereka belajar menghormati yang lebih tua, menyayangi yang lebih muda, dan menghargai sesama temannya. Berbagi atau bersedekah , budaya mengantri, di sekolah ini sudah menjadi hal yang lumprah dan sudah menjadi kebiasaan. Seperti berbagi ketika snack time atau berbagi bekal sendiri yang sengaja di bawa dari rumah. Budaya antripun sudah melekat di jiwa anak-anak semua, mulai dari antri melepas dan menaruh sandal dan sepatu serta memakainya kembali. Mengambil air wudhu, buang air kecil, mengambil peralatan untuk pembelajaran, peralatan untuk sholat, mau makan, mencuci piring, bahkan sampai bersalaman dengan ustadzah ketika akan pulangpun tetap antri. Selain daripada kegiatan semua itu, anak-anak juga diajarkan berwirausaha dengan kegiatan marketday setiap 1 minggu sekali. Dengan harapan untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur, memahami dunia bisnis, melatih kreatifitas dan inovasi pada anak-anak, selain itu untuk menumbuhkan rasa percaya diri, meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada anak.

    Terimakasih saya ucapkan kepada semua pihak, karena telah menerima saya menjadi bagian dari keluarga di Sekolah Alam Kendal Auliya ini. Semoga saya dapat berkontribusi penuh dalam mengembangkan dan memajukan sekolah ini dan tentunya permintaan maaf yang sedalam-dalamnya atas segala kekurangan saya dalam mengabdikan di dunia pendidikan di Sekolah Alam Kendal Auliya ini. Semoga semakin maju dan menjadi sekolah terdepan dan andalan bagi masyarakat di Kendal.

     

    By. Nafisatul Himmah