PANAHAN

  • Ekskul Panahan

    Panahan (Inggris:Archery) adalah suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Bukti-bukti menunjukkan bahwa sejarah panahan telah dimulai sejak 5.000 tahun yang lalu yang awalnya digunakan untuk berburu dan kemudian berkembang sebagai senjata dalam pertempuran dan kemudian sebagai olahraga ketepatan. Seseorang yang gemar atau merupakan ahli dalam memanah disebut juga sebagai pemanah.

    Sebagai salah satu cabang olahraga modern, panahan boleh jadi tak sepopuler sepak bola, bulu tangkis, atau bola basket. Namun, bagi umat Islam, panahan menempati posisi yang istimewa. Sebab, ia merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

    Rasulullah bersabda, ''Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah," (HR Bukhari/Muslim). Sementara, dalam kesempatan lain, Rasullullah bersabda, ''Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).''(HR Muslim)

    Dari segi perkembangan ada banyak sekali manfaat yang di dapat dengan bermain dan berlatih panahan. Kita dapat melatih fokus, ketenangan, kesabaran bahkan kita dpat menguji seberapa kuat kita mampu menghadapi tekanan. Juga cabang lomba ini sekarang sedang naik daun dan dapat menjadi salah satu pilihan prestasi yang dapat di tumbuhkan dan di kembangkan.