Sekolah Ini Milikku Juga

  • Sekolah Ini Milikku Juga

            Sekolah Alam Auliya Kendal….ya, itulah nama sekolah ini. Waktu itu bernama TK Auliya, karena sudah termasuk dalam jaringan sekolah alam berganti nama menjadi Sekolah Alam Auliya. Aku bergabung dengan sekolah ini terhitung dari bulan Juli tahun 2011, di tempat inilah aku memulai perjalanan hidup sebagai pengajar. Senang sekali aku bisa berjumpa dengan anak-anak yang lucu dan mungil, hari-hari kulalui dengan senang, ikhlas belajar mengajar dan bermain bersama anak- anak. Anak yang lucu, mungil, dan punya keunikannya masing-masing. Banyak hal baru dan yang perlu dipelajari disekolah ini yang waktu itu kelasku dikenal dengan nama play group. Rutinitas yang disusun dengan baik dan teratur menjadi tantangan tersendiri. Lelah memang kurasakan, tapi itu terbayarkan dengan cerianya anak-anak dan kemandirian yang tertanam pada pribadi tiap anak. Saya senang bisa menjadi bagian dari sekolah ini menjadi pengajar yang membentuk akhlaqul karimah yang memang sudah menjadi salah satu visi misi disekolah ini.

     

            Tak terasa waktu berjalan dengan cepat 3 tahun sudah kulewati, aku berpindah ke kelas Taman Kanak-kanak. Aku mencoba bersosialisasi lagi dengan anak yang umurnya setahun lebih besar dari anak Play Group. Masih dengan dunia anak-anak yang ceria dan lebih bersemangat. Kali ini kebetulan anak-anak dikelasku lebih banyak yang aktif. Awal permulaan masuk anak yang pendiam cenderung takut dengan temannya, seiring berjalannya waktu semua bisa teratasi, anak yang semula pendiam menjadi lebih ceria dan ikut aktif seperti teman yang lain. Penanaman kedisiplinan dan ketegasan yang lebih sangat diperlukan kepada semua anak. Saya selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anak, yang harapannya bisa membekas kedalam ingatan semua anak dan sedikit atau banyak bisa bermanfaat untuk kehidupannya kelak.

     

            Allahlah yang akan membayar semuanya, kalaupun tidak… rasa puas dan bangga jika semua anak bisa senang dan bahagia. Itupun sudah cukup untuk menghapus rasa lelah dan penat ketika hari menjelang sore. Anak adalah masa depan, tiap anak mempunyai keunikan masing-masing. Tidak adil rasanya jika kita menuruti keegoisan kita, memaksa anak untuk berbuat sesuatu yang tidak ia inginkan. Pesan buat semua anak- anakku, tetaplah berjalan dijalurmu sendiri…jalur yang benar….berusahalah untuk tetap istiqomah.

    By Ustadzah Dian Suryani