TECHNOLOGY ENTERTAINMENT DESIGN (TED)

  • TECHNOLOGY ENTERTAINMENT DESIGN (TED)

           Guru merupakan salah satu unsur penting dalam dunia pendidikan. Baik tidaknya output yang dihasilkan salah satunya tergantung pada guru. Guru harus mampu memberikan yang terbaik untuk anak didiknya agar mereka menerima dengan baik apa yang diberikan lebih-lebih mampu mengaplikasikan dalam kehidupan nyata. Hal ini tak lepas dari kemampuan guru itu sendiri dalam menyampaikan materi di depan para murid. Ketika guru dapat menyampaikan materi dengan percaya diri, menarik dan dengan persiapan sebelumnya, para murid tentunya akan dapat menerima dengan senang dan dapat memahami materi yang disampaikan.

          Guru juga harus memiliki semangat yang terus membara dalam rangka mendidik anak bangsa untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. Hal ini merupakan suatu hal yang tidak mudah di tengah tugas mengajar, persiapan RPP, membuat modul dan kegiatan lain serta kebutuhan pribadi masing-masing.

           Di sisi lain, guru juga dituntut untuk kreatif dalam mengembangkan ide-ide, baik untuk pembelajaran maupun untuk kebaikan lingkungan sosial masyarakat. Hal ini menjadi penting karena guru juga merupakan makhluk sosial yang mempunyai peran penting di masyarakat dan juga sebagai khalifah yang bertanggung jawab atas kehidupan di muka bumi ini.

          Kegiatan TEDxSake ini kami adakan berdasarkan usulan pada saat morning meeting tanggal 5 September 2016 yang disampaikan oleh Ahmad Muis kepada ketua yayasan Auliya Al Amin Cendekia. Kegiatan ini dilaksanakan secara semi formal di Sekolah Alam Auliya atau di luar sekolah dengan para guru, karyawan, para undangan atau orang-orang yang mau menyampaikan ide kreatifnya sebagai pembicaranya yang memberikan pidato atau presentasi di depan khalayak umum. Pidato atau presentasi yang disajikan bertujuan memberikan motivasi kepada para guru supaya lebih melihat sisi positif dari profesi guru. Isu-isu yang diangkat adalah sekitar penyadaran kepada para guru atas kehebatan profesi guru, keberuntungan jadi guru, pentingnya jadi guru, enaknya jadi guru, luar biasanya jadi guru dan hal-hal positif lain terkait profesi guru.

           Lebih jauh lagi, TEDxSake ini dapat juga menjadi media menyampaikan informasi tentang ide-ide kreatif untuk kebaikan banyak orang. Termasuk di dalamnya adalah seputar ekonomi kreatif, lingkungan atau apapun itu. Pembicara dapat secara bebas menyampaikan presentasinya baik yang hanya berupa pidato, dengan menggunakan slide, diselingi dengan musik atau puisi, meceritakan pengalaman atau bahkan mendongeng.

           TEDxSake berlangsung kurang lebih selama 30 menit dengan 3 pembicara. Jadi masing-masing pembicara dapat menyampaikan presentasinya selama kurang lebih 10 menit. TEDxSake ini dilaksanakan sebulan sekali setiap Kamis minggu ketiga pukul 15.30 sampai 16.00 (ba’da Ashar) di depan butik buku sekolah alam Auliya. Dengan tujuan :

    1. melatih kepercayaan diri, terutama bagi para guru SA Auliya untuk berbicara di depan umum,
    2. melatih keterampilan public speaking, terutama bagi para guru SA Auliya,
    3. memberikan ruang, terutama bagi kepada para guru SA Auliya untuk menyampaikan ide kreatifnya terutama yang berkaitan dengan inovasi yang dapat digunakan untuk kebaikan orang banyak,
    4. memunculkan peluang usaha baru.

           Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh guru dan karyawan serta mereka yang mempunyai ide-ide baru yang bermanfaat untuk orang banyak yang sedang atau belum dijalankan.