Ektra Kulikuler

  • Ekskul “KOMPUTER”

    Sekarang ini kita hidup di era teknologi  informasi  dan  komunikasi. Oleh  karena  itu, di  era  globalisasi  ini  kita  harus  dapat  menyesuaikan  dengan  perkembangan  yang  ada  jika  tidak  ingin  ketinggalan  zaman. Kemajuan teknologi di kalangan masyarakat di tandai dengan banyaknya alat-alat elektronik seperti televisi, handphone, radio dan alat-alat elektronik lainnya. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga terjadi di dunia pendidikan. Kurikulum  pendidikan  yang  memasukkan  TIK sebagai  satu  mata  pelajaran, merupakan  bukti  bahwa  kemajuan  teknologi  mempengaruhi  pendidikan di Negara kita.

    Teknologi informasi dan komunikasi tidak terlepas dari alat bantu, yaitu komputer. Kemajuan teknologi modern khususnya yang berkaitan dengan kemajuan komputer, akhir-akhir ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pembaharuan tidak hanya dalam sektor bisnis, telekomunikasi, tetapi juga dalam dunia pendidikan.

    Komputer di definisikan sebagai peralatan elektronik yang bekerja secara koordinatif dan integrative berdasarkan program. Komputer terdiri dari perangkat keras (hardware) seperti,keyboard, CPU, mouse, monitor,dll dan perangkat lunak (software) yaitu program yang mengatur/mengontrol perangkat keras, misalnya jika kita ingin mengetik maka software yang digunakan adalah Microsoft Word.

    Semula komputer di manfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran di bidang administrasi. Kemudian dengan masuknya materi Teknologi informasi dan Komunikasi di lingkungan pendidikan, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran baik digunakan untuk menyampaikan informasi atau ide ide yang terdapat dalam materi pembelajaran ataupun sebagai media yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri dalam memahami suatu konsep dalam bahan ajar.

    Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan siswa sekolah atau universitas, di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan dari ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan pada seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri.

    Kegiatan Ekstrakurikuler (biasa disingkat sebagai "ekskul") merupakan kegiatan penunjang kegiatan ekstrakulikuler. Kegiatan ekstrakurikuler di SD Alam Auliya berlangsung setelah jam pelajaran telah usai (setelah pukul 14.00).

    Ekskul Komputer adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh para santri SD Alam Auliya Kendal. Seperti halnya ekskul yang lain, kegiatannya dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu mulai pukul 14.00 s.d 15.00 WIB.

    Materi yang diajarkan dalam ekskul komputer ini antara lain :

    1.  Pengenalan Komputer.
    2. Paint.
    3. Microsoft Word.
    4. Microsoft Excel.
    5. Powerpoint.
    6. Pengenalan Hardware.
    7. Pengenalan Internet.

     

    "Ekskul SILAT"

    Salam Persaudaraan

    Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), atau biasa dikenal dengan SH terate adalah salah satu organisasi pencak silat yang ada di Indonesia. PSHT didirikan oleh Ki Hajar Harjo Utomo di Madiun pada tahun 1922. Tujuan organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate yaitu ikut mendidik manusia yang berbudi luhur, tahu benar dan salah serta ikut Memayu Hayuning Bawono, di samping itu juga mengajarkan bela diri pencak silat dimana didalamnya terkandung unsur-unsur olah raga, dan seni bela diri serta merupakan seni budaya bangsa Indonesia yang perlu di kembangkan dan dilestarikan. Materi Persaudaraan Setia Hati Terate (Panca Dasar) adalah materi Pencak silat yang ada dan diberikan kepada siswa PSHT. Materi tersebut meliputi :

    1.Persaudaraan
    2.Olahraga
    3.Kesenian
    4.Beladiri
    5. Mental kerohanian (ke-sh-an)

    Keberadaan PSHT dari tahun ketahun selalu mengalami perkembangan dan semakin meluas. Terbukti dengan menjamurnya tempat-tempat latihan baik di desa-desa maupun di sekolah-sekolah.

    Di Sekolahalam Auliya, PSHT juga menjadi salah satu kegiatan ekstra kurikuler di samping music, komputer dan writing fun. PSHT Sekolahalam Auliya berdiri tahun 2010. Kegiatan ekstra  ini lebih diperuntukkan bagi santri SD, mulai dari SD 1 sampai SD 4. Kegiatan PSHT di SekolahAlam Auliya bertujuan untuk mengenalkan salah satu organisasi pencak silat yang ada di Indonesia. Selain itu kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengenali bakat minat para santri di bidang ilmu bela diri serta menjadi salah satu alternative penyaluran hobi dalam bidang olah raga. Adapun materi yang diberikan meliputi pemanasan, kemudian dilanjutkan materi dasar untuk SD 1 dan 2 berupa pukulan dan tendangan, materi jurus seni untuk SD 3 dan 4. Materi jurus seni meliputi jurus tangan kosong, menggunakan golok dan yang terakhir menggunakan toya. Sesekali anak-anak diajak latihan fisik berupa lari menyusuri jalan ke Banyutowo atau sabung ringan.

     Secara umum latihan di tingkat SD lebih dikonsentrasikan untuk latihan jurus seninya, untuk latihan laga (sabung/fight) lebih sedikit, hanya sekedar pengenalan.  

    Program kegiatan ekstra kurikuler ini tidak akan berhasil tanpa adanya kerja sama yang baik antara pihak sekolah, dalam hal ini pelatihnya dan orang tua santri yang sangat diharapkan bisa mendorong putra putrinya yang mempunyai bakat dan minat untuk menekuni ilmu beladiri yang kedepannya diharapkan mampu mewakili Indonesia dalam kancah internasional. 

    Ekskul "Menjahit"

    Menjahit adalah pekerjaan menyambung kain, bulu, kulit binatang, pepagan, dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang. Menjahit dapat dilakukan dengan tangan memakai jarum tangan atau dengan mesin jahit. Orang yang bekerja menjahit pakaian disebut penjahit. Penjahit pakaian pria disebut tailor, sedangkan penjahit pakaian wanita disebut modiste. Pendidikan menjahit dapat diperoleh di kursus menjahit atau sekolah mode.

    Produk jahit-menjahit dapat berupa pakaian, tirai, kasur, seprai, taplak, kain pelapis mebel, dan kain pelapis jok. Benda-benda lain yang dijahit misalnya layar, bendera, tenda, sepatu, tas, dan sampul buku.

    Di industri garmen, menjahit sebagian besar dilakukan memakai mesin jahit. Di rumah, orang menjahit memakai jarum tangan atau mesin jahit. Pekerjaan ringan yang melibatkan jahit-menjahit di rumah misalnya membetulkan jahitan yang terlepas, menisik pakaian, atau memasang kancing yang terlepas. Sebagai seni kriya, orang menjahit untuk membuat saputangan, serbet, bordir, hingga boneka isi dan kerajinan perca.

    Nah, di Sekolah Alam Kendal Auliya, anak-anak juga diajarkan menjahit sederhana, mulai dari membuat pola, menjahit dengan tangan dan berkreasi dengan kain perca yang nanti nya menjadi sebuah hasil karya yang unik.

     

    Ekskul Panahan

    Panahan (Inggris:Archery) adalah suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Bukti-bukti menunjukkan bahwa sejarah panahan telah dimulai sejak 5.000 tahun yang lalu yang awalnya digunakan untuk berburu dan kemudian berkembang sebagai senjata dalam pertempuran dan kemudian sebagai olahraga ketepatan. Seseorang yang gemar atau merupakan ahli dalam memanah disebut juga sebagai pemanah.

    Sebagai salah satu cabang olahraga modern, panahan boleh jadi tak sepopuler sepak bola, bulu tangkis, atau bola basket. Namun, bagi umat Islam, panahan menempati posisi yang istimewa. Sebab, ia merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

    Rasulullah bersabda, ''Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah," (HR Bukhari/Muslim). Sementara, dalam kesempatan lain, Rasullullah bersabda, ''Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).''(HR Muslim)

    Dari segi perkembangan ada banyak sekali manfaat yang di dapat dengan bermain dan berlatih panahan. Kita dapat melatih fokus, ketenangan, kesabaran bahkan kita dpat menguji seberapa kuat kita mampu menghadapi tekanan. Juga cabang lomba ini sekarang sedang naik daun dan dapat menjadi salah satu pilihan prestasi yang dapat di tumbuhkan dan di kembangkan.

     

    Ekskul Futsal

    Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

    Tidak hanya dengan tujuan memasukkan bola ke dalam gawang untuk mencetak gol, futsal juga dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dan banyak digemari oleh anak laki-laki. oleh karena itu, di Sekolah Alam Kendal Auliya menyediakan wadah bagi khalifah kecil dalam menyalurkan kegemarannya atau bahkan bakatnya melalui ektra futsal.

    Anak – anak bukan sekedar di latih fisik. Ada banyak hal yang anak-anak pelajari di sini, kerjasama, fokus, mengenal kemampuan diri tidak sampai di situ saja tapi ternyata logika dan strategi dapat diasah dari permainan ini. sehingga anak sehat, kuat juga lihai dalam menyusun strategi.