Pohon Saja Bisa Sakit Jika Dipaku

  • Pohon Saja Bisa Sakit Jika Dipaku

    Memperingati hari bumi, puluhan anak sekolah dasar dan taman kanak-kanak Sekolah Alam Auliya Kendal melakukan aksi bersih-bersih alun alun dan mencabuti paku yang menancap di pohon. Aksi ini dilakukan, sebagai wahana pembelajaran anak-anak untuk ikut menjaga bumi agar bersih dan sehat.


    Anak-anak sekolah alam Auliya ini dengan semangat mencabut paku-paku yang menancap di pohon sepanjang jalur Pantura Kendal di depan Alun-alun Kendal Selasa (22/04) siang. Dengan menggunakan linggis satu-persatu paku yang menempel pohon, bekas pemasangan baliho dibersihkan dan dikumpulkan. Tidak hanya mencabut paku yang menempel di pohon saja, puluhan anak-anak taman kanak-kanak dan sekolah dasar ini juga melakukan aksi bersih-bersih komplek alun-alun Kendal. Sampah organik dan anorganik di kumpulkan dan akan dibuang ditempat sampah. Bagus, siswa sekolah dasar sekolah alam Auliya mengatakan aksi cabut paku ini dilakukan agar pohon bisa tumbuh dengan sehat. Tidak hanya itu sampah yang berserakan di komplek alun-alun juga dibersihkan untuk dipisah-pisah berdasarkan jenisnya.

    “Pohon saja bisa sakit jika dipaku untuk itulah kita diajarkan untuk menjaga alam termasuk pohon agar tumbuh sehat,” jelasnya.
    Guru pembimbing sekolah alam, Ahmad Romdhon mengatakan aksi cabut paku di pohon dan bersih-bersih ini untuk memperingati hari bumi. Tidak hanya itu aksi ini dilakukan sebagai bentuk pembelajaran siswa tentang kondisi alam yang semakin rusak akibat ulah manusia.
    “Siswa juga diajarkan untuk memilah dan membersihkan sampah berdasarkan jenis organik dan non organik,” katanya .
    Siswa sekolah alam sendiri setiap harinya sudah diajarkan untuk mencintai alam. Siswa juga diajarkan mengolah sampah organik dan non organik untuk dijadikan barang yang lebih bermanfaat. (03)

     

    Sumber : http://www.beritakendal.com/2014/04/22/pohon-saja-bisa-sakit-jika-dipaku/