KOMPUTER

  • Ekskul “KOMPUTER”

    Sekarang ini kita hidup di era teknologi  informasi  dan  komunikasi. Oleh  karena  itu, di  era  globalisasi  ini  kita  harus  dapat  menyesuaikan  dengan  perkembangan  yang  ada  jika  tidak  ingin  ketinggalan  zaman. Kemajuan teknologi di kalangan masyarakat di tandai dengan banyaknya alat-alat elektronik seperti televisi, handphone, radio dan alat-alat elektronik lainnya. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga terjadi di dunia pendidikan. Kurikulum  pendidikan  yang  memasukkan  TIK sebagai  satu  mata  pelajaran, merupakan  bukti  bahwa  kemajuan  teknologi  mempengaruhi  pendidikan di Negara kita.

    Teknologi informasi dan komunikasi tidak terlepas dari alat bantu, yaitu komputer. Kemajuan teknologi modern khususnya yang berkaitan dengan kemajuan komputer, akhir-akhir ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pembaharuan tidak hanya dalam sektor bisnis, telekomunikasi, tetapi juga dalam dunia pendidikan.

    Komputer di definisikan sebagai peralatan elektronik yang bekerja secara koordinatif dan integrative berdasarkan program. Komputer terdiri dari perangkat keras (hardware) seperti,keyboard, CPU, mouse, monitor,dll dan perangkat lunak (software) yaitu program yang mengatur/mengontrol perangkat keras, misalnya jika kita ingin mengetik maka software yang digunakan adalah Microsoft Word.

    Semula komputer di manfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran di bidang administrasi. Kemudian dengan masuknya materi Teknologi informasi dan Komunikasi di lingkungan pendidikan, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran baik digunakan untuk menyampaikan informasi atau ide ide yang terdapat dalam materi pembelajaran ataupun sebagai media yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri dalam memahami suatu konsep dalam bahan ajar.

    Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan siswa sekolah atau universitas, di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan dari ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan pada seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri.

    Kegiatan Ekstrakurikuler (biasa disingkat sebagai "ekskul") merupakan kegiatan penunjang kegiatan ekstrakulikuler. Kegiatan ekstrakurikuler di SD Alam Auliya berlangsung setelah jam pelajaran telah usai (setelah pukul 14.00).

    Ekskul Komputer adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh para santri SD Alam Auliya Kendal. Seperti halnya ekskul yang lain, kegiatannya dilaksanakan pada hari Senin dan Jum’at mulai pukul 14.00 s.d 15.00 WIB.

    Materi yang diajarkan dalam ekskul komputer ini antara lain :

    1.  Pengenalan Komputer.
    2. Paint.
    3. Microsoft Word.
    4. Microsoft Excel.
    5. Powerpoint.
    6. Pengenalan Hardware.
    7. Pengenalan Internet.