SD

  • PROFIL SEKOLAH DASAR ALAM AULIYA KENDAL

    DESA KARANGSARI KECAMATAN KENDAL

    KABUPATEN KENDAL

     

    Alam semesta yang terhampar luas adalah ayat-ayat Allah bagi kaumnya yang berfikir. Semua teori-teori para ilmuan terkemuka lahir dari kekuatan dirinya memahami fenomena alam ciptaan-Nya. Demikianlah yang coba dikembangkan di Sekolah Alam Auliya Kendal, mengantarkan anak-anak didiknya menjadi generasi Ulul Albab, memahami alam lebih nyata, menggali langsung samudra ilmu tanpa batas dan jarak serta menanamkan pemahaman tentang hakikat penciptaan alam semesta.

    Lebih dari itu manusiapun diberi amanah agung menjadi Kholifah di muka bumi. Sudah semestinya pendidikan sejak dini mencetak calon-calon pemimpin yang berkarakter kuat, berakhlaqul karimah dan arif terhadap sekitarnya. Alam mengajarkan ketangguhan, humanisme, harmonisasi, dan berbagai rahasia tersirat lainnya. Pendidikan yang berorientasi pada hakikat penciptaan manusia dan alam semesta adalah sebuah keniscayaan ditengah kekerpurukan generasi peradaban saat ini.

    Kami Sekolah Alam Auliya bercita-cita untuk turut serta melahirkan konsep pendidikan baru sebagai cikal bakal lahirnya peradaban yang kembali pada fitrahnya. Karena pada hakikatnya sekolah itu sebagai sarana pendidikan yang ideal seharusnya memiliki fungsi dan definisi antara lain : sekolah adalah sebuah proses belajar dari pengalaman, sekolah merupakan proses pencarian ilmu yang terus menerus sepanjang hayat yang dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan bersifat tidak memaksa.

    Sekolah-sekolah yang ada sekarang ini tidak memiliki fungsi seperti yang diharapkan. Kurikulum yang ada di sekolah sekarang ini hanya mengakomodir kebutuhan pendidikan dalam bidang basic skill (ilmu pengetahuan yang bersifat umum diajarkan di sekolah seperti matematika, kima, fisika, dll) dengan sistem pendidkan yang seperti ini, maka hanya aspek logika saja yang diasah. Oleh karena itu lulusan yang dihasilkan dari sekolah ini biasanya belum mampu menjadi manusia seutuhnya yang mampu melanjutkan hidupnya dengan mandiri karena ada beberapa aspek yang terlewatkan yaitu aspek ketaqwaan dan aspek kepemimpinan. Kurikulum yang ada sekarang ini menyamaratakan semua siswa yang pada dasarnya memiliki potensi dan bakat yang berbeda-beda sehingga perkembangan anak menjadi tidak optimal dan juga kadang-kadang anak terpaksa dalam menuntut ilmu.

    Sekolah Alam Auliya Kendal hadir sebagai ikhtiar untuk menutupi kekurangan yang ada disekolah-sekolah umum dengan kurikulum yang lebih lengkap (basic, life skill, spirit religius) juga dilengkapi dengan sarana-sarana yang dapat menunjang siswa didik untuk berperilaku lebih mandiri dan bermoral. Hal ini karena Sekolah Alam Auliya Kendal menerapkan konsep pendidikan yang mencakup ketaqwaan (cara tunduk/akhlaq kepada Allah SWT Sang Pencipta), logika (cara mengelola bumi sesuai dengan sunatulloh/science dan tekhnologi) dan kepemimpinan (cara memimpin/leadership yang sesuai dengan Utusan-Nya Rosululloh SAW).

    KURIKULUM

    Asas pembelajaran “ bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan “ (QS. 96 :1 ). Aku adalah khazanah yang tersembunyi, dan aku ingin dikenali, maka kuciptakan semesta “ (Hadist Qudsi). Bagi mereka yang mau berfikir alam semesta adalah sumber pelajaran tanpa batas. Di Sekolah Alam Auliya Kendal, para siswa dilatih untuk dapat “membaca” semesta dengan cara pandang utuh dan menyeluruh.

    Bersama alam anak-anak tumbuh dan berkembang menjadi manusia terbaik (proses). Kepada alam anak=anak mengambil hikmah di balik kejadian (observasi).

    ASAS KURIKULUM

    Pada seluruh tingkat pendidikan, kurikulum dan perjenjangan bersifat “luwes” senantiasa disesuaikan dengan perkembangan kejiwaan, keunikan dan bakat masing-masing anak. Pada pendidikan tingkat dasar kurikulum di bagi dalam tiga materi pokok yaitu:

    1. Pengembangan Akhlaq dengan metode belajar “tauladan”
    2. Pengembangan logika dengan metode belajar “Action Learning”
    3. Pengembangan leadership dengan metode belajar “Outbond & tracking”