Pagiku di Sekolah Alam Auliya

  • Pagiku di Sekolah Alam Auliya

    PAGIKU DI SEKOLAH ALAM AULIYA

    Oleh Subaidah

    Nama saya Subaidah, salah satu ustadzah di sekolah Alam kendal Auliya. Menjadi keluarga di sekolah ini merupakan suatu kebanggan bagi saya, karena di sinilah saya bisa mengamalkan ilmu yang saya dapatkan. Saya bergabung di sekolah Alam ini sejak bulan September 2015. Lima tahun di sekolah alam ini memberikan saya banyak pengalaman dalam mengajar, terutama dalam mendampingi anak-anak PAUD. Nah, di sini saya akan berbagi cerita tentang keseruan belajar di sekolah Alam Auliya. Pembelajaran di sekolah alam Auliya ini dijamin seru dan menyenangkan.

    Biar tidak penasaran, yuk kita intip beberapa keseruannya aktivitas di sekolah alam kendal Auliya. Semua kegiatan yang dilakukan di sekolah pasti mengandung unsur pendidikan dan penuh kreativitas. Perlu kita ketahui bahwa sekolah alam kendal Auliya ini mempunyai tagline keren lho yaitu “Sahabat Peradaban Hebat”. Harapannya yaitu menciptakan kader-kader khalifah di muka bumi ini membangun peradaban yang lebih baik lagi.

    Semua kegiatan di sekolah alam ini kita setting dengan semenarik mungkin agar anak-anak merasa enjoy dan nyaman berada di sekolah. Selain itu lingkungan di sekolah juga sangat sejuk. Kita bisa melihat tata letak dan konstruksi bangunan yang bersahabat dengan alam sesuai dengan nama sekolah kita yaitu sekolah alam. Memasuki pintu gerbang utama , kita melewati lorong yang dihiasi dengan berbagai tanaman bunga yang indah. Selain itu kita juga akan melihat area gardening yang menyejukkan mata, penuh dengan berbagai macam tanaman herbal, sayur-sayuran, buah-buahan dan tanaman lainnya.

     

    Anak-anak datang memasuki gerbang disambut dengan kondisi fisik halaman yang bersih,basah dan segar dengan bunga warna-warni didukung ada suara lantunan juz ‘amma atau lagu-lagu islami, menunjukkan kesiapan untuk belajar. Belum lagi disana-sini, mulai dari pintu, pagar, tanaman/pohon, tempat bermain, tempat parkir dan seterusnya sampai halaman belakang dan dapur di setting dalam suasana belajar. Ada tulisan nama-nama benda, ada huruf  hijaiyah, ada ilmu pengetahuan maupun matematika.

    Ustadzah dengan keramahannya yang tidak dibuat-buat siap di pintu gerbang menyambut kedatangan para siswa dengan riang dan berjiwa, dan tidak ada satu anak pun yang terlewat. Ustadzah menyapa anak dengan akrab, tapi tetap santun yaitu mendewasakan mereka. Panggilan mas...atau mbk...kepada anak merupakan salah satu buktinya,sehingga anak merasa dihargai dan dianggap dewasa.

    Anak di antar sampai pintu gerbang sekolah atau depan kelas, kemudian perlengkapan sekolah dibawa sendiri ke kelas (ditaruh di loker masing-masing) setelah meletakkan sepatu di rak sepatu. Setelah itu anak-anak sambil menunggu kegiatan ikrar  bisa mainan terlebih dahulu dengan teman-temannya seperti mainan yang ada di dalam kelas maupun permainan yang ada di luar kelas. Adapun permainan yang ada di dalam kelas antara lain: puzzle,balok-balok,plastisin, dan bisa juga membaca buku cerita yang ada di mini perpus.

    Mainan yang ada di luar kelas banyak sekali, diantaranya ada permainan klasik yang mengingatkan pada tempo dulu yaitu permainan yang terbuat dari bambu yaitu ayunan dan jungkat-jungkit. Selain itu ada juga permainan yang menantang seperti mangkok putar, papan titian, terowongan pelangi, panjat ban atraktif. Area permainan yang ada di sekolah sangat menarik karena penuh dengan warna warni seperti pelangi sehingga membuat anak menjadi betah dan nyaman untuk bermain bersama mengasah motorik kasar anak-anak.

    Pepohonan yang begitu rindang di area play ground membuat suasana makin sejuk, apalagi ada salah satu pohon yang sangat disukai anak-anak yaitu pohon trembesi (pohon biji merah). Pohon ini menarik bagi anak-anak karena pohon ini memiliki biji merah yang apabila bijinya jatuh itu terlihat bagus sekali. Biasanya anak-anak mengambil biji merah ini untuk mainan “dakonan”, mainan alat musik yang dimasukkan di dalam botol bekas yang apabila dikocak-kocak akan mengeluarkan suara yang menarik. Selain itu biji merah ini juga bisa dimanfaatkan ank-anak untuk meda pembelajaran seperti membuat prakarya kolase, dan bisa juga sebagai media belajar berhitung.

    Aktivitas di pagi hari anak-anak selain bisa digunakan untuk bermain, ada juga aktivitas alternatif lainnya yang tidak kalah menarik yaitu melibatkan anak-anak untuk ikut menyiapkan kelas (untuk melatih kepekaan dan tanggung jawab) membantu merapikan meja dan karpet, merapikan sandal,dan lain-lain.  Ustadzah mengajak siswa melakukan hal ini dengan menyenangkan, dengan lagu-lagu sehingga anak-anak merasa bahagia melakukannya bersama teman-teman.

    Begitu tanda waktu ikrar berbunyi, anak-anak segera menuju lokasi ikrar yang telah ditentukan (variasi tempat ikrar selalu dilakukan), luas, bebas untuk bergerak.  Lalu kita akan melihat pemandangan anak-anak berbaris dengan rapi. Anak-anak mengucapkan ikrar dengan tegas menggunakan 3 bahasa yaitu bahasa indonesia, bahasa inggris dan bahasa arab. Dari kegiatan ikrar ini anak anak akan diajarkan menjadi seorang leader (pemimpin) yaitu dengan cara memilih salah satu murid yang akan memimpin ikrar dan murid yang lainnya menjadi peserta ikrar. Dari kegiatan ikrar inilah anak-anak akan berani tampil di depan dan menambah percaya diri.selain itu anak-anak juga belajar berkomunikasi yang baik dan mengasah bahasa anak. Anak mampu mengucapkan kalimat secara runtut. Biasanya anak yang menjadi pemimpin irar adalah anak yang jadwalnya membawa snack hari itu. Jadi setiap hari yang memimpin ikrar itu bergantian, sehingga semua anak memiliki kesempatan yang sama.

    Setelah selesai ikrar ustadzah memberikan pesan-pesan kepada anak-anak. Pemberian pesan ini gunanya untuk memberikan arahan ataupun motivasi di pagi hari agar setiap pagi anak-anak mengantongi hal-hal yang positiv. Anak-anak diajak bernyanyi bersama, lalu senam jasmani bersama dengan lagu-lagu yang bervariasi sehingga anak-anak tidak mudah bosan. Selain senam, anak-anak juga diajak berkegiatan yang melatih moriknya seperti berjalan lurus,meloncat setinggi 20 cm,menirukan gerak binatang,dsb. Seru banget kan, aktivitas dipagi hari di sekolah alam Auliya.

    Setelah beraktivitas ikrar lalu anak-anak melanjutkan aktivitas selanjutnya yaitu anak-anak melakukan kegiatan opening class. Kegiatan opening ini bertujuan untuk membuka kelas dan memunculkan semangat anak untuk memulai aktivitas dalam sehari. Aktivitas ini dilakukan dengan membaca doa sebelum belajar dan bernyanyi bersama, dan ice breaking. Aktivitas ini yang lebih menarik lagi bisa dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas. Biasanya ustzah dalam satu minggu membuat variasi tempat, kadang di luar ruangan dan kadang juga di dalam ruangan sehingga anak-anak tidak jenuh. Ketika berkegiatan di luar ruangan anak-anak akan merasa bahagia duduk dibawah pohon dengan beralaskan tikar sambil melihat pemandangan sekitar. Anak-anak juga bisa bercerita melatih kemampuan bahasanya. Anak-anak biasanya menceritakan apa yang dilihatnya seperti pohon, hewan yang ada di sekitar (tupai, kupu-kupu, semut, burung dll). Wah keren banget kan,....

    Nah,....jadi tahu kan aktivitas dipagi hari di sekolah Alam Auliya. Aktivitas di pagi hari aja sudah begitu menyenangkan, apalagi aktivitas lainnya. Dari aktivitas yang sudah diceritakan di atas, kita dapat mengetahui bahwa aktivitas di sekolah alam ini sangatlah menarik karena anak-anak akan bisa belajar bersama alam.