KB

  • Sekilas Tentang KB

    KB Auliya adalah sebuah lembaga pendidikan usia pra sekolah (3-4 tahun) yang berdiri sejak 9 Desember 2008 yang menerapkan sistem ”Full day school” yaitu anak-anak berada di lingkungan terdidik bersama ustadz-ustadzah sejak pukul 07.30-14.30 WIB. Dari hari efektif 5 hari dalam seminggu. Hari sabtu anak-anak libur dengan harapan bisa berkumpul dengan orang tua lebih banyak serta  anak juga terlatih bergaul dengan lingkungan sekitar rumahnya. Alasan diterapkannya sistem Full Day School:

    1. Mengingat bobot materi yang akan di sampaikan kepada anak tidak hanya teori tetapi juga menyangkut akhlak keseharian. Karena akhlak bukanlah sesuatu yang diajarkan lewat materi namaun lewat keteladanan sehari-hari.
    2.  Untuk mengurangi pengaruh lingkungan yang kurang baik, misal terlalu banyak nonton TV atau kegiatan-kegiatan yang kurang terarah.
    3. Melatih anak untuk mengikuti aturan yang menjadi pembiasaan dan akhlak sehari-hari.

    Salah satu prinsip yang diterapkan di KB Auliya adalah learning by doing yaitu pengamatan langsung terhadap obyek yang sedang dipelajari, tujuannya untuk memberikan kepahaman yang mendalam bagi anak (haqqul yakin). Dengan learning by doing kegiatan KB Auliya dibagi dalam beberapa bagian yaitu: Gardening / berkebun, Outdoor activity, Indoor activity, Outbound, Audiovisual, Library, Menabung, Infaq, Fun cooking, Outing. Semua kegiatan di sekolah anak di latih untuk melakukannya sendiri, tujuannya untuk mendidik anak supaya lebih mandiri dan mampu menolong dirinya sendiri.

    Adapun kegiatan harian yang dilakukan yaitu Tahfidzul Quran, hafalan Juz’amma dan doa-doa harian serta ilmu agama dasar sebagai landasan sikap beragama dengan tidak bertaqlid buta, sholat berjamaah untuk menjadikan bacaan sholat tertanam dihati anak dan tercermin dalam kehidupannya. Makan bersama dan makan snack dikemas sebagai program memahami fungsi makanan dan pembiasaan bershodaqoh dengan diiringi penanaman kepemimpinan.