Belajar Asyik

  • Belajar Asyik

    Belajar Asyik
    oleh Ust Rikzi Izzet Alvaeni Azmy
     
    Sungguh sangat menyenangkan, unik dan sering membuat gemas  ketika sedang mengajar dan berinteraksi dengan anak. Terlebih anak2 sd kelas satu yang masih lugu dan lucu.Melihat murid yang berbeda karakter dan sifatnya tentu membuat kita terpacu untuk mengenal lebih dekat mereka satu persatu. Ada yg senang usil, senang berakting, mereka yang menggelayut manja saat selesai jam belajar dan sebagainya.
     
    Menyenangkan sekali saat kita mampu mendampingi mereka belajar. Pun sebaliknya, banyak hal yang justru saya pelajari dan hanya bisa saya dapati dari anak2. Soal kejujuran, ketulusan, keikhlasan, dan ini juga menjadi hal yang amat menyenangkan.
    Bagaimana membelajarkan siswa menulis dan membaca di kelas satu sekolah dasar? Nah.. Setidaknya inilah pengalaman saya di tahun pertama menjadi guru kelas 1 SD.
     
    Awal pengenalan belajar membaca saya lakukan dengan romantika yang cukup berliku. Karena pada 1 semester pertama masih ada sebagian dari seluruh siswa yang masih terbata-bata mengeja huruf saat membaca. Memasuki semester 2 sebagian anak yang masih kesulitan mengeja huruf saya berikan tambahan waktu belajar. Pada saat itulah saya dapat benar-benar menikmati bagaimana seorang anak menggunakan sarana berpikirnya dalam 'belajar' membaca. Dengan penggunaan kartu baca untuk anak2  (saya dapatkan dari salah satu penerbit buku langganan..hehe) mereka begitu menikmati aktivitas belajar membaca serasa sedang bermain tebak kuis. Maunya nambah lagi, lagi, dan lagi. 
     
    Alhamdulillah.. 2 bulan berjalan kemampuan mengeja huruf beberapa anak mulai berkembang. Bahkan suatu waktu, seorang siswa meminta saya untuk menjadi kakaknya, makan, tidur, tinggal di rumahnya agar bisa mendampinginya belajar. Masyallah.. Menyenangkan sekali melihat semangat dan kepolosan mereka </p>
			</li>
		</ul>
	</div>

	<div class=

    KOMENTAR